Home Berita UPAYA MEREDAM PENYEBARAN ISU PROPAGANDA TERKAIT BEREDARNYA POSTINGAN VIDEO DAN REKAMAN SIMPATISAN...

UPAYA MEREDAM PENYEBARAN ISU PROPAGANDA TERKAIT BEREDARNYA POSTINGAN VIDEO DAN REKAMAN SIMPATISAN SEPARATIS YANG MENGATASNAMAKAN MASYARAKAT ADAT KAIMANA DI KAB. KAIMANA

33
0
SHARE

Kaimana,Senin tanggal 20 September 2021, Pkl 10.45 Wit, bertempat di Ruang Rapat Makodim 1804/Kaimana, Jl. Batu Putih KM 08 Distrik Kaimana. Kab. Kaimana, telah dilaksanakan pertemuan dalam rangka klarifikasi terkait beredaranya postingan video dan rekaman propaganda di Youtube dan medsos Whatsapp, terkait pernyataan adat Kaimana menolak “KB MAP IV ” dan penolakan otsus jilid II di Kab.Kaimana. Kegiatan di selenggarakan Kodim 1804/Kmn, di pimpin oleh Letkol Inf Chairi Suhanda, M.Han. (Dandim 1804/Kaimana), serta di hadiri sekitar -+20 orang, hadir di antaranya sebagai berikut Mayor Inf. Nasarudin Umasugi (Kasdim 1804/Kaimana), Kapten Inf Setiyono (Pasiter Kodim 1804/Kaimana), Jafar Furuada (Plt Kadis Kesbangpol Kaimana), Romilus Werfete (Sekretaris Suku Kuri), Jefri A Esuru (Sekretaris I Dewan Adat Kaimana), Maklon Maramoy ( Perwakilan suku Miereh), Hendrik Koitupura (Kepala suku Napiti). Muh.Nasir Aiturauw (Perwakilan Suku Koiwai), Ramadhan Sabuku (Plt Kepala suku Irarutu), Romelus Surubay (Kepala suku Oborau), Hofni Manuku ( Kepala suku Madewana), Letda Inf Septianus Aninam (Danunit Inteldim 1804/Kaimana), Para Pjs dan Danramil 1804/Kaimana, Aryo (Kapos BINDA Kaimana)

Adapun Penyampaian saran masukan perwakilan pengurus dewan adat yang terdiri Bapak Muh. Nasir Aiturauw (Wakil Ketua II Dewan Adat Kaimana selaku Perwakilan Suku Koiwai) a.l :
1) Mengajak untuk bersama-sama dalam menjaga Kamtibmas diwilayah Kab. Kaimana sehingga agenda daerah melalui Konfrensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) Ke IV berjalan lancar.
2) Perlunya upaya LMA Kab. Kaimana dalam antisipasi setiap propaganda di medsos guna antisipasi gejolak provokatif oknum yang mengatasnamakan KNPB di Kab. Kaimana.

Bapak Romelus Werfete (Sekretaris Suku Kuri) a.l adanya upaya -upaya dari oknum yang mengatasnamakan KNPB yang ingin membuat propaganda di masyarakat Kaimana bahwa tidak ada arahan dan ijin dari pemangku adat di Kab. Kaimana khususnya kepala suku di setiap wilayah sehingga perlu adanya tindakan tegas.
Bapak Ramadhan Sabuku (Wakil Ketua III selaku Plt Kepala suku Irarutu) a.l selaku pengurus dewan adat suku sepakat bahwa para pemangku adat di wilayah Kab. Kaimana untuk bersama – sama membuat laporan pengaduan ke Polres Kaimana terkait isu propaganda di Youtube yang mengatasnamakan suku di Kaimana karena tidak sesuai adat serta meresahkan masyarakat.

Bapak Jafar Werfete, S.Pd (Plt Ka Kesbangpol Kaimana), Perlunya penertiban secara prosedur hukum terkait kelompok” yang mengatasnamakan KNPB di Kab. Kaimana sehingga dapat terciptanya Kantibmas dimana para pelaku tersebut bukan masyarakat asli Papua Kaimana.
Mengajak kepada seluruh instansi dan stakholder yang mempunyai kepentingan demi mewujudkan kesukseskan agenda KBMAP IV di Kab. Kaimana

Bapak Aryo (Kapos BINDA Kaimana), Perlunya tindakan tegas terkait postingan isu provokatif di youtube maupun rekaman di medsos Whatsaps agar para pemangku adat di Kaimana membuat laporan polisi karena telah menyebarkan berita bohong dengan mengatasnamakan masyarakat adat asli Kaimana. Bahwa postingan melalui penyebaran isu propaganda di media sosial yang merugikan masyarakat merupakan bentuk pelanggaran UU ITE sehingga harus di tindak lanjuti secara hukum melalui delik aduan. Mengajak semua kalangan tokoh adat yang ada bersama-sama menjaga Kantibmas dalam upaya menolak propaganda oleh oknum yang mengatasnamakan KNPB Kaimana yang berpotensi menimbulkan konflik dan menganggu jalannya pembangunan.

Bapak Hofni Manuku (Kepala suku Madewana), perlunya kerjasama dengan para stakholder demi menindak tegas para provokator yang meresahkan masyarakat.

Kapten Inf Salim (Danramil 1804-04/Kaimana), perlunya penyekatan setiap jalur penyebrangan yang dapat digunakan oknum yang mencari perlindungan dari Kab. Maybrat sehingga harus meningkatkan kewaspadaan Deniceni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here